19 Oktober 2010

Siapakah Pemimpin itu?

I. PENGERTIAN PEMIMPIN / MANAJER

Pemimpin adalah inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akan tercapai tujuannya jika ada pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama. Seorang Pemimpin berurusan dengan efektivitas, orang, memberdayakan dan menyalurkan potensi yang dimiliki oleh orang lain. Sedangkan seorang Manager hanya berurusan dengan benda-benda, struktur, sistem dan efisiensi. Persamaannya adalah peran mereka mengelola antar pribadi, pemrosesan informasi, dan pengambilan keputusan, namun ketrampilan yang diperlukan berbeda

II. KRITERIA PEMIMPIN / MANAJER YANG SESUAI DENGAN TUNTUTAN MASA KINI.

Kriteria pemimpin/manajer yang sesuai dengan tuntutan masa kini tergantung dengan di lingkup geografis dimana dia berada. Bagi pemimpin/manajer yang berada di negara maju (developed country), kriteria pemimpin yang sesuai akan berbeda dengan kriteria pemimpin yang berada di negara menengah (middle country). Termasuk juga berbeda dengan di negara berkembang (developing country).

Pemimpin yang dibutuhkan di negara maju biasanya harus lah seseorang yang penuh inovasi karena persaingan yang ada sudah penuh dengan persaingan teknologi. Pemimpin yang dibutuhkan di negara menengah biasanya haruslah seseorang yang mampu memperbaiki kualitas karena persaingan yang ada di negara menengah adalah persaingan mengenai kualitas. Sedangkan pemimpin yang dibutuhkan di negara berkembang adalah pemimpin yang bisa melakukan efisiensi di segala bidang.

Bagi Indonesia, pemimpin yang dibutuhkan adalah pemimpin yang mampu me-manage segala sesuatunya di lihat dari sudut pandang efisiensi dan efektivitas sumber daya untuk peningkatan kualitas. Tantangan terbesar Indonesia adalah efisiensi. Pemimpin yang berhasil mengelola sumber daya yang dimiliki bangsa Indonesia secara efisien dan efektif akan berhasil meningkatkan level negara kita ke level negara menengah (middle country).

Seorang calon pemimpin tentunya harus memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dalam memimpin serta harus bersikap profesional dalam menjalankan tugas. Pemimpin yang efektif dan efisien dapat menggunakan dan menggabungkan berbagai gaya leadership yang berbeda, yang berakar pada sejumlah elemen nilai-nilai, emosional, dan intelektual yang unik. Setidaknya ada beberapa kriteria karakter dasar pemimpin yang dibutuhkan Indonesia dalam konteks kekinian. Itu adalah:

a. Coercive (mampu memenuhi kebutuhan secara cepat)

b. Authoritative (memobilisasi masyarakat dengan visi)

c. Affiliative (mampu menciptakan harmoni dan membangun ikatan-ikatan emosional)

d. Democracy (membuat konsesus melalui partisipasi)

e. Pacesetting (meletakkan standar performa yang tinggi)

f. Coaching (membangun masyarakat demi masa depan yang lebih baik)

g. Decisive (memiliki kekuatan atau kualitas untuk memutuskan, untuk mengakhiri perselisihan yang krusial atau paling penting)

Tentu kriteria dasar pemimpin yang dibutuhkan semacam itu akan menjadi sia-sia belaka manakala organisasi baik, negara, pemerintahan maupun perusahaan tidak mampu menjadi alat untuk mencapai tujuan organisasi itu sendiri. Artinya, harus ada kemauan yang besar untuk bisa membuat organisasi dan aturan-aturan yang fleksibel untuk mencapai tujuan organisasi.

Sedangkan kriteria dasar pemimpin pada intinya adalah seorang pemimpin masa depan apabila ingin efisien dan efektif, maka diperlukan lebih banyak pengetahuan yang bersifat menyeluruh dan tidak perlu menjadi ahli, tetapi setidaknya cukup mengenal dengan baik untuk dapat menjawab pertanyaan yang tepat dari orang lain, memecahkan masalah dengan cerdas, cepat dan tegas, serta membuat keputusan yang tepat yang didasari pada proses yang logis dan partisipatif. Kriteria lain yang relevan adalah keberanian pemimpin untuk menjadi akuntabel (mekanisme pertanggungjawaban atas kemajuan, hambatan, capaian, hasil, manfaat) dari dan transparan dalam setiap pengambilan keputusan.

Agenda Ekonomi Syariah dan AM IMF-WB 2018

Dimuat di Kanigoro.com 29 Agustus 2018 Annual Meeting International Monetary Fund-World Bank (AM IMF-WB) akan digelar di Nusa Dua Bali t...